Jumat, 09 Desember 2011

Pasang CDI di Honda CB100 & GL100

Motor sport keluaran Honda 70 sampai 80-an macam CB100, CB125, GL100 dan GL125 banyak yang mengeluh dengan pengapian sistem platina, urusan pengapian kadang bikin jengkel. Maklum platina kalau lagi ngambek buat mesin batuk, mbrebet hingga mogok total.tetapi sekarang jangan telalu takut,ada trik,yang tadi nya menggunakan sistem platina dirubah dengan sistem pengapian modern,bisa mengadopsi langsung satu set pengapian GL pro CDI keluaran 90 keatas bisa juga menggunakan menggunakan magnet original pabrik dengan merubah spul pengapian,di tambah diatas yang tadinya platina diganti dengan dudukan pulser,bisa pakai CDI milik RC tertapi kurang mantap bro! tapi borobotan alias gak pas.

Sekarang ini CB mulai banyak dilirik penyuka modif. selain terkeesan jantan pengurusannya relatip murah dan mudah,Dibangun gaya retro klasik atau costum.

Merubah sistem platina menjadi CDI.
1. lilit spul pengapian platina dengan kawat yang ukuran lebih kecil 0,15 yang tadinya 0,8.alangkah bagusnya pakai magnet milik CB(awet) spul tidak mudah terbakar.
2.potong piringan platina sihingga bisa menempel fulser.
3.buatkan sensor CDI di noken as,menggunakan plat sekitar 3 mm.
4.pastikan seher dalam keadaan Top (diatas) jika tidak hidup di bolak-balik sensor pada fulser,fulser bisa menggunakan milik Honda win atau Grand,begitu pula cDI, selamat mencoba !

1 komentar:

  1. Apakah posisi polser tepat pada benjolan saat posisi top kompresi dan pengaruhkah spol rc di pasang polser shogon cdinya grand gan......

    BalasHapus